- Termasuk Model E-Business apa?
Shopee
merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang ada di indonesia, berada
dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan
Internet di Asia Tenggara. Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to
customer) mobile marketplace dan mall online yang diusung Shopee
- Pengaruh E-Business perusahaan
tersebut!
Mengusung
visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara",
Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari
Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau
menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.
- Faktor-Faktor Keberhasilan
E-Business tersebut!
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja
Dalam sistem
pembayaran Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual beli interaktif
antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee menyediakan berbagai
sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu
kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat
menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian.
Shopee
Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh
dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback.
Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang
berikutnya.
Untuk
memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee
Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali
seratus persen apabila barang tidak sampai.
Selain itu
shopee Indonesia juga memiliki dukungan logistik yang berkerjasama
dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T, GO-JEK
(Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.
- Infrastruktur Untuk E-Business
Penambahan
fitur COD mungkin lebih baik karena ada beberapa buyer yang menginginkan
COD/bayar di tempat karena merasa lebih aman, selain itu untuk barang-barang
elektronik akan sangat dibantu oleh fittur COD dan hal terebut juga karena
keamanan pembayaran bagi si pembeli.
Shopee
merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang ada di indonesia, berada
dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan
Internet di Asia Tenggara. Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to
customer) mobile marketplace dan mall online yang diusung Shopee, memungkinkan
kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat,
termasuk di Indonesia. Shopee akhirnya resmi diperkenalkan di Singapura pada
tahun 2015 kemudian diikuti oleh negara Malaysia, Filipina, Taiwan,
Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung
visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara",
Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari
Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau
menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee
Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan
PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia
mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017
aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 25 juta pengguna. Menawarkan one
stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para
penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.
Situs
web : https://shopee.co.id/
Jenis
: Perseroan Terbatas
Industri/jasa
: Belanja Daring
Shopee
Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk
untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat
kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga,
otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman,
souvenir dan pesta, hingga voucher belanja
Dalam
sistem pembayaran Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual beli
interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee
menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret,
Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik,
Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau
pembelian.
Shopee
Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh
dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback.
Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang
berikutnya.
Untuk
memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee
Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali
seratus persen apabila barang tidak sampai.
Selain
itu shopee Indonesia juga memiliki dukungan logistik yang
berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T,
GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman
barang.
Shopee
sangat memudahkan pengguna dalam berbelanja, terutama bagi seorang pemula.
Kelebihan dari shopee sendiri selain mudah dalam penggunaan aplikasinya, dalam
berbelanja shopee menyediakan banyak kategori barang dalam berbelanja,
barang-barang yang disediakan pun termasuk murah dan terdapat barang grosiran
sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak dan murah. Selain itu di shopee bisa
mencari barang yang sama dengan harga yang relatif lebih murah.
Dari
awal masuknya shopee ke Indonesia hingga sekarang selalu menawarkann ongkos
kirim gratis ke seluruh indonesia yang bisa dinikmati bagi para pengggunanya.
Walaupun faktanya hanya subsidi 30-50 ribu atau setiap pembelian produk dengan
nominal harga yang ditentukan berlaku 1 kali digunakan untuk 1
akun(sewaktu-waktu dapat berubah) walaupun begitu nyatanya memang sangat
membantu bagi seller dan reseller.
Apabila
ada notifikasi stok produk secara otomatis akan berkurang ketika stok produk
laku terjual, artinnya customer bisa langsung mengetahui melalui notifikasi
pemberitahuan ‘stok produk habis”. Adanya layanan kontak pengaduan juga sangat
membantu apabila ada terjadi komplain karena bisa langsung ke customer service
shopee melalui pesan email ataupun telepon.
Shopee
menyediakan refund atau pengembalian barang yang disebut dengan garansi shopee,
yaitu apabila barang yang telah dipesan dan dibeli tidak datang atau tidak
sampai ke alamat maka pembeli bisa lapor ke pihak shopee untuk mendapatkan
pengembalian uang 100% dari shopee. Dengan adanya refund bisa meminimalisir
terjadinya penipuan.
Adanya
fitur live chat sehingga memudahkan pembeli dan penjual dalam berkomunikasi.
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan berkomunikasi sesuai
dengan kenyamanan mereka. Dirancang untuk mewujudkan social commerce platform,
Shopee mengintegrasikan fitur sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan
pengguna mencari tren barang/produk yang sedang populer atau untuk mengikuti
tren terbaru secara mudah. Selain itu Shopee juga memiliki kelebihan lain
berupa seller bisa mengirimkan foto dari luar produk, kata lain yaitu bisa
mengirim foto langsungg dari galeri HP ke dalam chatting aplikasi shopee.
Saat
ingin berbelanja pembeli bisa memilih barang sesuai kriteria penilaian produk
yang diberikan oleh customer sesuai jumlah bintang yang diberikan yang dapat
menandakan reputasi penjual / merchant. Jelas ini memudahkan buyer dalam
menentukan reputasi toko yang ada. Dan setiap produk juga memiliki reviewnya
masing-masing dan hasil feedback akan terkunci tidak bisa dihapus atau diedit
sama sekali. Dari sana customer yang hendak membeli bisa mengetahui produk
tersebut trusted(terpercaya) atau tidak. Terdapat kolom dropshipper sehingga
siapapun bisa membantu menjualkan produk-produk yang dipasang. fitur yanng
sangat simpel namun begitu powerful, user hanya perlu memasukkan nama dan nomor
telepon.
Dalam
mengapload gambar, shopee menyediakan hingga 9 frame gambar produk yang bisa
diisi. Dan bisa lebih leluasa ketika menamakan produknya dengan judul atau nama
yang sama dari satu produk dengan produk lainnya.
Namun
dari kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi shopee juga sama
dengan aplikasi yang lainnya yang masih memiliki kekurangan yang harus
diperbaiki lagi. Seperti mengharuskan kita register dan memiliki akun terlebih
dahulu jika ingin berbelanja di shopee sedangkan akun yang telah dterdaftar
nantinya jika ingin dihapus maka harus menunggu 2x24 jam. Memang untuk
kedepannya jauh lebih baik mendaftarkan akun sehinggga tidak perlu repot
mengisi data-data kembali, namun tidak ada salahnya untuk memberikan opsi
tambahan untuk “membeli tanpa register “ kepada user, karena tidak semua user
senang berbelanja di marketplace dan tentu lebih cepat dan praktis untuk mereka
yang baru pertama kali belanja atau jarang berbelanja online di marketplace.
Tampilan antarmuka (UI) yang ditampilakn oleh shopee sangat monoton dengan
warna orange disetiap sisi nya dan terasa berat. Apalagi bagi mereka yang tidak
menyukai warna orange.
Bagi
yang belum terbiasa berbelanja di shopee, lebih baik menggunakan metode
pembayaran melalaui minimarket saja seperti alfamart atau indomart terdekat,
karena metode pembayaran dengan transfer Bank di mesin ATM bisa dikatakan
terlalu suit bagi yang belum pernah. Untuk layanan push atau mengiklankan
produk, bisa memanfaatkan Iklanku shopee, hanya saja harus mengunjungi situs
shopee versi desktop untuk menjalankan push/iklankan produk. Jika masih awam
hal ini terlalu sulit dan tidak mudah dipahami. Jenis iklan shopee yaitu hanya
mengandalkan keyword/kata kunci, #hashtag, dimana iklan produk akan muncul
ketika pengunjung mengetik kata kunci #hashtag yang ada di dalam deskripsi
produk shopee.
Penambahan
fitur COD mungkin lebih baik karena ada beberapa buyer yang menginginkan
COD/bayar di tempat karena merasa lebih aman, selain itu untuk barang-barang
elektronik akan sangat dibantu oleh fittur COD dan hal terebut juga karena
keamanan pembayaran bagi si pembeli.
Daftar
pustaka : http://farishairwy.blogspot.com/2018/03/softskill-analisis-aplikasi-e-commerce.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar